Kamis, Juli 18, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Tingkatkan Pelayanan, RSU Tangsel Terus Berinovasi

Rumah Sakit Umum (RSU) Tangerang Selatan menghadiri acara Forum Gabungan Perangkat Daerah tahun 2024 yang dilaksanakan di Rumah Sakit Sari Asih, Ciputat, Tangerang Salatan pada Kamis (29/2/2024).

Dalam Forum OPD ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), dan Rumah Sakit se-Tangerang Selatan. Forum ini membahas mengenai isu-isu strategis di Tangerang Selatan. Dengan mengusung tema “Sinergi perencanaan efisien dan efektif untuk mewujudkan peningkatan kualitas SDM Tangerang Selatan unggul dan inovatif”

Kepala Bagian Tata Usaha RSU Kota Tangerang Selatan, Oco, SKM, MKM mengatakan isu yang strategis juga di Tangerang Selatan yaitu pelayanan penyakit jantung.

RSU Kota Tangerang Selatan ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi rumah sakit rujukan jantung. Namun, upaya itu akan dilaksanakan bertahap dimulai pada tahun 2025. Saat ini, pelayanan penyakit jantung sudah berjalan meski cakupannya terbatas. Beberapa fasilitas pendukung pun telah tersedia. Mengejar proyeksi itu mulai tahun 2025, maka kebutuhan lain seperti Sumber Daya Manusia (SDM) dan peralatan tengah disiapkan.

“Untuk di tahun 2025 layanan kita ada persiapan penambahan memang, program khusus dari kementerian kesehatan, kita ditunjuk sebagai rujukan jantung,” Kata Oco.

“Ini dilakukan secara bertahap dan menunggu hasil visitase dari Kemenkes, karena untuk bisa membuka pelayanan rujukan jantung tentunya ada hal lain dari teknologi kesehatan yang harus dipersiapkan, seperti Intensive coroner care unit (ICCU) dan kateter jantung yang memang harus diadakan, tentu ini butuh waktu oleh sebab itu kita lakukan secara bertahap,” lanjut Oco.

 

Diketahui, saat ini RSU Kota Tangsel sudah bisa menangani beberapa kasus jantung, dengan pemberian obat-obatan.

“Untuk fasilitas existing kami sudah bisa melayani, karena dari segi SDM kita punya 3 dokter spesialis jantung, artinya jika ada kelainan, RSU Kota Tangsel sudah bisa menangani dengan pemberian obat. Untuk ke depannya, diharapkan sudah bisa melakukan katerisasi jantung,” Kata Oco.

Oco melanjutkan RSU Kota Tangerang Selatan juga sudah tersedia CT Scan, hanya saja pengoperasiannya masih menunggu ijin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

“Untuk CT Scan unitnya sudah ada karena itu masuk pada anggaran pengadaan tahun 2023 lalu, hanya untuk pengoperasiannya masih menunggu ijin dari Bapeten, yang saat ini sedang proses,” lanjut Oco.
Hal senada diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan adanya fasilitas layanan baru di RSU Kota Tangsel.
“Jadi untuk meningkatkan kualitas layanan, tentunya juga adalah kita menambah jenis pelayanan. Yang saat ini dibutuhkan adalah oleh masyarakat satu pelayanan radiologi yaitu CT Scan, khususnya untuk mendiagnosa lebih pasti ya,” kata Allin.
“kemudian kita juga sudah mengajukan pelayanan prioritas operasi jantung, ini sudah kita ajukan, Insha Allah nanti akan diverifikasi apakah kita memenuhi syarat atau tidak oleh Kemenkes,” tutup Allin. (Advertorial)

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Tingkatkan Pelayanan, RSU Tangsel Terus Berinovasi

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Bupati Serang: LKBA Tumbuhkan Kembali Gotong Royong yang Sudah Pudar

Pemprov Banten Raih Apresiasi Kemenkes sebagai Provinsi Pertama Capai Target Temuan TBC

Kerjasama dengan IKMBP, Smartfren Community Gelar Workshop CV dan Persiapan Interview

Jelang Pilkada 2024, Pemprov Banten Ajak Media Massa Cegah dan Perangi Hoax

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

Pengunjung
0