Jumat, Februari 23, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Universitas Terbuka Serang Gelar Seminar Akademik Wisuda Periode 1 Tahun 2024, Siapkan Generasi Emas Provinsi Banten

SERANG (cadasbanten.co.id) – Universitas Terbuka (UT) Serang menggelar seminar akademik di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Tangerang Selatan pada Jum’at, 26 Januari 2024. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara wisuda yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Januari 2024 besok. Seminar akademik kali ini mengusung tema “Inovasi Pembelajaran Melalui Transformasi Digital Membangun Generasi Emas”.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali 547 wisudawan-wisudawati baik Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma untuk siap mengimplementasikan ilmu dan pengalamannya untuk kebermanfaatan masyarakat, bangsa dan negara, terutama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Plt. Direktur Universitas Terbuka Serang Rakhmini Juwita, S.E., M.Si dalam sambutannya, bahwa lulusan UT harus memiliki kemampuan dan inovasi terkait dengan perkembangan digital yang terjadi agar mampu berkontribusi nyata dalam masyarakat.

“Kami berharap lulusan UT dapat memiliki kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membawa bangsa ini menuju masa depan, khusunya Provinsi Banten. Lulusan UT harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang begitu cepat, menghasilkan ide dan gagasan yang aktual” pesan Rakhmini kepada para calon wisudawan.

Tokoh yang menjadi narasumber pada kegiatan seminar ini antara lain Dr. Saefudin, M.Si. (Widyaiswara Ahli Madya BPSDMD Provinsi Banten), Prof. Dr. Maximus Gorxy Sembiring, M.Sc. (Guru Besar Universitas Terbuka), dan Rizki Aulia Rahman Natakusumah (Anggota Komisi I DPR RI Periode 2019-2024).

Dr. Saefudin menjelaskan terkait dengan Peran BPSDMD Prov. Banten pada Inovasi Pembelajaran melalui Transformasi Digital dalam Membangun Generasi Emas, beliau apresiasi bagaimana UT bisa berinovasi dalam sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh di era digital ini. Beliau menegaskan bahwa “Base practice dari UT ini perlu dicontoh, dan lesson learned mahasiswa UT perlu didengar agar instansi lain biasa meniru apa yang telah dilakukan UT”.

Sedangkan Prof. Gorxy menyampaikan bahwa “Peran penting pendidikan untuk menjadikan sumber daya manusia yang mandiri dan tangguh dalam menghadapi berbagai perubahan di era digital. Beliau menambahkan bahwa perlu adanya terobosan dalam inovasi pembelajaran, seperti platform pembelajaran online, gamifikasi, virtual reality (VR) & augmented reality (AR), sistem pembelajaran adaptif, dan flipped classroom.

Sedangkan Rizki Natakusumah memberikan apresiasi dan motivasi kepada calon wisudawan terhadap proses dan hasil belajarnya di UT.

“Bonus demografi yang digembar-gemborkan, tanpa dibekali dengan pendidikan yang kuat untuk generasi yang akan datang, tentu hasilnya akan nihil. Saya yakin bahwa lulusan UT memiliki pandangan yang berorientasi kepada kemajuan, optimisme, dan jiwa kepemimpinan yang diperlukan bangsa di masa depan”.

Pada kesempatan ini pula diberikan penghargaan kepada 20 mahasiswa UT Serang yang berprestasi di tingkat nasional.(Red)

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Universitas Terbuka Serang Gelar Seminar Akademik Wisuda Periode 1 Tahun 2024, Siapkan Generasi Emas Provinsi Banten

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Guna Kenyamanan Masyarakat, Polres Serang Melakukan Berbagai Upaya

Disdukcapil Kabupaten Serang Jemput Bola Perekaman e-KTP 1.722 Pelajar SMA/SMK

Tinjau SMAN 1 Lebak Wangi Kabupaten Serang, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Giatkan Pembangunan SDM

Resmikan Sejumlah RKB dan Sarpras Pendidikan, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Komitmen Tingkatkan Pelayanan

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

0
Pengunjung