Senin, Desember 11, 2023
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Maksimalkan Pelayanan Adminduk, Disdukcapil dan RS Hermina Ciruas Teken PKS

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang dan Rumah Sakit (RS) Hermina Ciruas melakukan Penandatangan Kerja Sama atau PKS Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) terintegrasi. Penandatangan PKS dilakukan oleh Kepala Disdukcapil, Abdullah dan Direktur RS Hermina, Roni Albert Wijaya.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang, Abdullah mengungkapkan, PKS yang dilakukan untuk pelayanan adminduk terintegrasi balung anak, meliputi bayi lahir langsung dapat akta kelahiran, kartu keluarga (KK) dan kartu identitas anak (KIA) dan pelayanan penerbitan akta kematian.

“Sudah sekitar 4 rumah sakit salah satunya RS Hermina Ciruas ini, tujuannya memang dalam proses pelayanan dukcapil ini mempercepat masyarakat punya identitas administrasi kependudukan,“ujarnya usai PKS di Aula RS Hermina pada Rabu, 27 September 2023.

Sambung Abdullah, sebelum dilakukan PKS bagi ibu yang melahirkan di RS Hermina hanya mendapatkan surat keterangan kelahiran atau keterangan kematian bagi keluarga pasien yang meninggal dunia dan mengurus sendiri untuk akta kematiannya. Namun saat ini dengan dilakukan kerjasama bagi bayi yang baru lahir langsung mendapatkan akta kelahiran dan KIA, dan pasien yang meninggal langsung dicetaknya surat akta kematian.

“Data kita kumpulin langsung kita cetak pertama kita cetak KK, setelah kita cetak KK kita cetak akta kelahiran dan setelah akta kelahiran langsung cetak KIA, untuk akte kelahiran dan KK kita kirim melalui PDF dan dicetak. Kalau KIA kita kirimkan karena KIA seperti KTP bentuknya,“terangnya.

Abdullah menerangkan, untuk PKS dengan rumah sakit bukan hanya RS Hermina Ciruas, meliankan RSDP Serang, RS di Kecamatan Kramatwatu, dan RS di Kecamatan Pulo Ampel. Selain rumah sakit pihaknya juga bekerjasama dengan bidan-bidan di 22 kecamatan.

“Jadi kalau yang lahir di bidan langsung mendapatkan adminduk yang sama. Pelayanan ini gratis, nanti bisa saja rumah sakit menginfokan dengan bersalin di RS Hermina dapet bonus kartu keluarga, akte kelahiran dan KIA,“katanya.

Adapun untuk capaian pelayanan adminduk yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Serang, jelas Abdullah, untuk cakupan kepemilikan akta kelahiran 94 persen dari target 98 persen, penerbitan KIA target 50 persen capaian 48 persen, buku pokok pemakaman sebesar 75 persen dari desa sudah memiliki Buku Pokok Pemakaman atau sebanyak 245. “Dari 326 Desa dan meningkatnya cakupan pelayanan Akta Kematian 100 persen di Kabupaten Serang,“paparnya.

Direktur RS Hermina, Roni Albert Wijaya mengatakan sebagai pihak rumah sakit tentunya harus bisa membantu program pemerintah terlebih dapat memudahkan masyarakat atau pasien mendapatkan adminduk. Kata dia, untuk pasien yang melhirkan di RS Hermina sebanyak 200 sampai 250 setipa bulannya. “Sementara kalau kematian bervariasi bisa sekitar di bawah 50 kematian dalam satu bulan,“ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Disdukcapil Tubagus Maftuhi, Kepala Bidang (Kabid) Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) pada Disdukcapil Kabupaten Serang, Hani Finola, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (PPP) Disdukcapil Kabupaten Serang Dimas Panduasa.(*)

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Maksimalkan Pelayanan Adminduk, Disdukcapil dan RS Hermina Ciruas Teken PKS

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

FW KP3B Gelar Diskusi Bersama Dindik Prov Banten

Bawaslu Kota Serang Mempublikasikan Hasil Pengawasan Tahapan Pencalonan Pemilu 2024

Pemprov Banten Diskusi Bersama Forum Wartawan KP3B Bahas Kawasan Geopark Bayah Dome

Forum Wartawan Gelar Rapat Persiapan Temu Media Bersama Adpim Provinsi Banten

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

0
Pengunjung