Rabu, Juli 17, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Tandatangani MOU, UT dan PLPN Cita-Citakan Kualitas SDM Terbaik di Kalangan Industri

Mencerdaskan kehidupan bangsa tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja, namun sinergisitas antar banyak pihak menjadi kunci utama. Hal ini pun disadari Universitas Terbuka (UT) sejak lama, sehingga berbagai kolaborasi dan kerja sama pun terjalin dengan berbagai institusi di berbagai sektor. Mulai dari kerja sama terkait peningkatan kualitas sumber daya, penelitian, akademik, serta kolaborasi di bidang lainnya pun dilakukan oleh UT. Sekali lagi, UT melebarkan sayap dan jangkauan kerja sama melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Perkumpulan Lembaga Personalia Nasional (PLPN). Acara penandatanganan MoU ini pun sekaligus diikuti dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UT Serang dan SALUT Industri Banten 1.

Acara ini diselenggarakan di Gedung Kualitas Lantai 3 Kantor Pusat UT Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Dihadiri oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., serta Ketua Umum PLPN Imasihi, S.E., CHRM, penandatanganan MoU antara pihak UT dan PLPN perihal “Peningkatan Kualitas Pemberdayaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kalangan Industri Provinsi Banten” pun berlangsung dengan lancar.
Selain itu, turut hadir pula Direktur UT Serang, Dr. Maman Rumanta, M.Si. dan Bu Elsyeh Sulayman Ketua SALUT Industri Banten 1 untuk menandatangani Perjanjian Kerja Sama antara kedua pihak perihal “Penyelenggaraan dan Pengelolaan Sarana Layanan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Tatap Muka Untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa Di Sentra Layanan Universitas Terbuka”. Seremoni penandatanganan ini pun disaksikan oleh Sekjen PLPN Yusup Adriyanto S.Kom,MM,CHRM dan jajaran pimpinan PLPN, Ketua Senat Akademik UT, Para Wakil Rektor, Para Dekan, Ketua Lembaga, dan Tim RPL dan Tim Program Pelatihan & Magang MBKM UT.

Dalam semangat kerja sama ini, Rektor UT dalam sambutannya menyampaikan bahwa menuju usia ke-39, UT mendapat kepercayaan penuh dari pemerintah dalam menjawab 3 masalah dalam dunia pendidikan tinggi. Pertama, UT dipercaya untuk memberikan layanan pendidikan tinggi berkualitas kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil. Kedua, masalah para working people baik ASN maupun di private sector yang tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk meningkatkan kualifikasinya dengan berkuliah tatap muka, maka UT menjadi jawabannya. Ketiga, banyak sekali Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta, yang tidak dapat menampung mahasiswa banyak, karena terkendala biaya operasional, dapat dijawab oleh UT yang mengimplementasikan pendidikan terbuka jarak jauh, selain itu kendala biaya kuliah yang melangit pun dapat dibantah oleh UT. Karenanya, kerja sama kedua pihak diharapkan oleh Prof. Ojat untuk menjadi upaya bersama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di daerah industri di Banten.

Selanjutnya Ketua Umum PLPN Imasihi pun menyampaikan apresiasinya kepada Rektor UT dan seluruh jajaran yang memiliki cita-cita meningkatkan kualitas pendidikan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Menurutnya, PLPN dan UT sama-sama memiliki tujuan baik dalam menciptakan SDM bermutu tinggi. Beliau menyampaikan bahwa PLPN bertujuan bersinergi dengan UT dan berbagi ilmu dan pengalaman yang dapat ditawarkan kedua pihak. Selain itu, Imasihi pun menyatakan bahwa banyak SDM di PLPN yang merupakan tenaga profesional yang memiliki pengalaman belasan hingga puluhan tahun di dunia personalia, karenanya Beliau menyatakan PLPN siap berkontribusi bersama UT menjadi tenaga pengajar dan berbagi ilmunya demi meningkatkan lagi resource UT sebagai pendidik. Beliau pun menutup sambutannya dengan ucapan terima kasih banyak atas kerja sama yang ditawarkan UT serta jamuan UT sebagai tuan rumah yang luar biasa.

Kolaborasi yang UT lakukan dengan berbagai institusi lain memiliki tujuan utama yaitu bersama-sama menjaga dan mengembangkan kualitas pendidikan khususnya pendidikan tinggi SDM di Indonesia. Transformasi UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) memberikan tanggung jawab dan amanah lebih besar lagi kepada UT. Setiap detiknya, UT selalu berupaya merealisasikan cita-citanya dan memenuhi tanggung jawab yang mulia itu. Dengan kolaborasi yang sinergis dengan seluruh pihak, UT selalu percaya diri dan berlari maju ke depan bersama-sama untuk menciptakan generasi emas Indonesia di masa mendatang melalui peningkatan kualitas sumber daya mahasiswa-mahasiswanya.

Setelah dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman, acara dilanjutkan dengan foto bersama serta diakhiri dengan campus tour dengan mengunjungi Gedung Pusat Produksi Bahan Ajar Multimedia (PPBAM) dan Gedung Pusat Layanan Bahan Ajar (PUSLABA). Pada kunjungannya ke Gedung PPBAM, Ketua Umum dan Sekjen PLPN berkesempatan untuk menyampaikan apresiasi dan harapannya dalam kerja sama dengan UT ini pada program Coffee Break dengan judul “Link and Match Dunia Pendidikan dan Industri dalam Meningkatkan Kualitas SDM di Era Disrupsi” melalui UT Radio (www.utradio.ut.ac.id) atau dapat disaksikan melalui Live Streaming di Youtube Universitas Terbuka TV.

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Tandatangani MOU, UT dan PLPN Cita-Citakan Kualitas SDM Terbaik di Kalangan Industri

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Bupati Serang: LKBA Tumbuhkan Kembali Gotong Royong yang Sudah Pudar

Pemprov Banten Raih Apresiasi Kemenkes sebagai Provinsi Pertama Capai Target Temuan TBC

Kerjasama dengan IKMBP, Smartfren Community Gelar Workshop CV dan Persiapan Interview

Jelang Pilkada 2024, Pemprov Banten Ajak Media Massa Cegah dan Perangi Hoax

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

Pengunjung
0