Rabu, Juli 17, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

20 TAHUN BAZNAS BANTEN “TEBAR MANFAAT SEJAHTERAKAN UMAT”

KOTA SERANG (tajukbanten.co.id) – 20 tahun kiprah Baznas Banten dalam membangun daerah Banten melalui pemberdayaan dan penanggulangan kemiskinan bagi masyarakat Banten.

Tahun 2022 ini telah digelar puncak acara Milad BAZNAS Banten yang ke-20 dengan menghadirkan rangkaian kegiatan pemberdayaan dan pendistribusian dana ZIS melalui berbagai program yang disimboliskan dalam acara Milad tersebut di Kantor BAPPEDA Provinsi Banten KP3B, Serang 20-12-2022.

Dalam sambutan Ketua BAZNAS Banten H. E. Syibli Syarjaya menuturkan bahwa kegiatan Milad BAZNAS Banten ini adalah sebagai rasa syukur, Alhamdulillah 20 tahun BAZNAS Banten telah berkiprah dalam membangun kesejahteraan masyarakat Banten. Selama 20 tahun tersebut dari tahun ke tahun BAZNAS dalam pengelolaan zakat selalu mengalami perubahan-perubahan, baik secara regulasi, peraturan dan perundang-undangan serta peningkatan di bidang pengumpulan dan pendistribusian.

BAZNAS Banten yang dulu BAZDA Banten, lahir tanggal 2 Desember 2002 dan mulai beroperasi bulan Juli 2003, penghimpunan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) di tahun pertama (2003) sebesar Rp. 154.766.583,- dan di tahun 2021 BAZNAS Banten telah menghimpun ZIS sebesar Rp. 23.369.554.887,-Pada tahun 2022 sekarang penghimpunan ZIS BAZNAS Banten s.d 15 Desember 2022 telah mencapai Rp. 24.068.581.426,- atau 102,5% dari capaian target tahun ini, dan Rp. 483 Milyar dari pengumpulan BAZNAS se-Provinsi Banten. Itu berarti bahwa kesadaran umat Islam di Banten untuk menunaikan kewajiban zakatnya sesuai syariah dan peraturan perundang-undangan telah meningkat dengan amat baik. Namun demikian, jumlah tersebut hanyalah 4,3% saja dari potensi zakat di Provinsi Banten. Bahkan menurut hasil Pusat Kajian Strategis (PUSKAS) BAZNAS sebesar Rp 11,03 Trilyun potensi zakat di Banten. Tentu semua itu diperlukan upaya dan dukungan yang serius dari berbagai pihak agar realisasi pengumpulan zakat bisa mendekati potensinya.

Di samping adanya peningkatan pengumpulan dana ZIS, di sisi lain dalam hal pendistribusian dana ZIS adalah salah satu tugas BAZNAS Banten yang tidak kalah pentingnya dalam pengelolaan zakat. Tentu dengan meningkatnya pengumpulan dana ZIS berdampak kepada peningkatan pendistribusian dana ZIS. Melalui Milad kali ini BAZNAS Banten telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan pendistribusian dan pendayagunaan dana ZIS untuk masyarakat Banten. Antara lain melalui program bidang Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Kemanusiaan, Dakwah dan Advokasi dengan tetap memperhatikan Aman Syar’i, Aman Regulasi dan Aman NKRI.

Kegiatan pendistribusian dan pendayagunaan yang telah dilaksanakan adalah :
1. Bantuan pemenuhan kebutuhan pangan bagi 250 lansia dhuafa yang tersebar di seluruh Kab/Kota di Provinsi Banten.
2. Program Baiti Jannati adalah bantuan bedah rumah tidak layak huni yang merupakan bentuk pemenuhan kebutuhan papan dalam memberikan keamanan, kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya yang tidak memiliki kemampuan untuk melayakkan tempat tinggalnya.
3. Santunan guru ngaji, guru madrasah, para marbot dan pemandi jenazah.
4. Pengadaan air bersih dan sanitasi di wilayah-wilayah yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih terlebih jika di masa kemarau.
5. Berbagai kegiatan bantuan kesehatan dan pengobatan masal, bekerja sama dengan Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta, dalam vaksinasi (Kita Jaga Kyai), Pemeriksaan dan pemberian kacamata gratis, bantuan pemeriksaan kesehatan gratis untuk nelayan, desa masyarakat hutan, dan wilayah mustahik lainnya, serta operasi mata katarak yang telah dikerjasamakan dengan RS Mata Ahmad Wardi dan klinik Mata Saruni Pandeglang.
6. BAZNAS Banten juga turut membantu pemerintah dalam penanganan stunting dan gizi buruk di Provinsi Banten di mulai dari Kurban Untuk Stunting hingga tindak lanjut bantuan gizi selanjutnya.
7. BAZNAS Banten berhasil mengangkat harkat derajat keluarga mustahik dengan pendidikan hingga menjadi sarjana dalam program satu keluarga satu sarjana (SKSS) di Perguruan Tinggi Negeri sejak tahun 2016. SKSS sudah 4 angkatan sebanyak 43 generasi penerus bangsa, 2 angkatan telah menjadi sarjana dan mandiri bahkan telah menjadi muzaki dan munfik BAZNAS Banten dan tahun ini BAZNAS Banten juga merekrut SKSS Perguruan Tinggi Swasta untuk angkatan 1 sebanyak 30 mahasiswa.
8. Program mendirikan rumah pintar-rumah pintar yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai taman bacaan dan tempat meningkatkan keterampilan masyarakat. Kini sudah ada 7 rumah pintar BAZNAS Banten yang tersebar di pelosok desa Banten.
9. Bantuan untuk Lembaga Pendidikan Keagamaan (Ponpes, majelis taklim & madrasah), sarana keagamaan (masjid, musholla), mendirikan Lembaga Mualaf Center Baznas (MCB).
10. Kegiatan Masjid Cemerlang sebagai antusias kita menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan membersihkan masjid-masjid yang berada di tempat-tempat area publik, pasar, terminal dan masjid-masjid di pinggir jalan yang sering digunakan oleh musafir untuk ibadah dan bersih-bersih diri. Menjadikan masjid tersebut bersih dan nyaman.
11. Baznas Banten juga mendampingi Pemerintah Provinsi di setiap Ramadhan dalam kegiatan Safari Ramadhan sambil mendistribusikan bantuan-bantuan untuk mustahik di Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten.
12. Kegiatan pemberdayaan dana zakat program ekonomi merupakan hal yang strategis untuk merubah mustahik menjadi muzaki. Program Bantuan Modal Usaha atau kita kenal dengan Kita Jaga Usaha, adalah program BAZNAS dalam pemenuhan bantuan tambahan modal usaha bagi UMKM yang membutuhkan tambahan modal sehingga usaha yang digeluti oleh mustahik dapat berjalan lebih baik.
13. Z-Mart atau Warung Zakat adalah program pemberdayaan zakat dalam melengkapi isi warung milik mustahik, branding usaha agar lebih dikenal oleh masyarakat dan pendampingan selama satu tahun oleh BAZNAS Banten. Sudah ada sebanyak 13 Z-mart BAZNAS Banten yang tersebar di Kota Serang, Kabupaten Serang dan Tangerang.

Dengan demikian, bahwa efek multiplier dari pendistribusian dan pendayagunaan zakat sangat besar. Efek tersebut akan semakin membesar sebanding dengan besarnya jumlah zakat yang didistribusikan dan didayagunakan. Oleh karena itu menjadi sangat penting untuk memperbesar jumlah zakat yang dikumpulkan.

Sementara Mulyadi selaku Wakil Ketua IV sekaligus Ketua Pelaksana Milad 20 Tahun BAZNAS Banten mengatakan bahwa melalui kegiatan Milad ini adalah dalam rangka menciptakan sebuah pergerakan perubahan BAZNAS Banten ke depan agar lebih meningkatkan kualitas komunikasi dan koordinasi kepada stakeholder untuk membangun masyarakat Banten yang sejahtera dan berdaya guna.

Kami yakin bahwa ketika sinergitas antara Baznas, intansi pemerintah, lembaga dan perusahaan seraya dapat mengoptimalkan dana ZIS, DSKL dan CSR dalam pemberdayaan dan penanggulangan kemiskinan akan lebih efektif dan efesien (Red).

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on 20 TAHUN BAZNAS BANTEN “TEBAR MANFAAT SEJAHTERAKAN UMAT”

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Bupati Serang: LKBA Tumbuhkan Kembali Gotong Royong yang Sudah Pudar

Pemprov Banten Raih Apresiasi Kemenkes sebagai Provinsi Pertama Capai Target Temuan TBC

Kerjasama dengan IKMBP, Smartfren Community Gelar Workshop CV dan Persiapan Interview

Jelang Pilkada 2024, Pemprov Banten Ajak Media Massa Cegah dan Perangi Hoax

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

Pengunjung
0