Kamis, Juli 18, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Wabup Serang Ajak Peserta Visitasi PKN LAN Gali Isu dan Berbagi Inovasi

SERANG (tajukbanten.co.id) – Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa mengajak kepada para Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), untuk sinergi dalam menggali isu dan berbagi inovasi. Menurutnya, baik isu maupun inovasi tersebut sangatlah penting untuk kebaikan dan kemajuan Kabupaten Serang.

“Silahkan gali isu-isu yang ada di Kabupaten Serang bandingkan dengan yang ada disana, bisa sama bisa berbeda. Sebaliknya mereka harus bagi juga kami informasi inovasi-inovasi yang mereka temukan disana, agar kita bisa saling bersinergi,”ujar Pandji melalui keterangan tertulisnya yang di siarkan Diskominfosatik pada Senin, 12 September 2022.

Diketahui pelaksanaan Visitasi Kepemimpinan Nasional Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia sudah di laksanakan pada Jum’at, 9 September 2022 di Aula Tb Suwandi Setda Kabupaten Serang.

Terkait pelatihan tersebut, Pandji mengatakan bahwa bagian daripada kurikulum pendidikan peserta PKN seluruh Indonesia. Mereka di gembleng untuk menduduki jabatan-jabatan Diklatpim II karena akan menduduki jabatan strategis di masing-masing kabupaten. “Maka, mereka harus mampu berfikir komprehensif membaca isu-isu strategis diberbagai wilayah dibandingkan dengan wilayah masing-masing dimana dia mengabdi,”katanya.

Kemudian sambung Pandji, yang kedua tema pendidikan pelatihan ini adalah pejabat-pejabat eselon II yang harus mampu mengikuti perkembangan IT (Teknologi Informasi), karena itu masalah suatu keniscayaan yang mau tidak mau harus dikuasi oleh semua pejabat eselon II. “Maka dari itu mereka harus paham bagaimana memanfaatkan, mengelola dan menggali inovasi-inovasi baru dengan memanfaatkan IT,”ucapnya.

Dengan demikian Pandji berharap, hasil pendidikan dan pelatihan tersebut bisa menghasilkan birokrasi-birokrasi yang profesional, tangguh dan berkelas sehingga bisa selevel dengan birokrat dunia. “Mereka tinggal menggali isu-isu strategis yang ada di Kabupaten Serang, silahkan bandingkan dengan yang disana. Apa yang kita lakukan setiap tahun itu adalah untuk memecahkan strategis yang ada di Kabupaten Serang,”ungkap Pandji.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi (Pustadin) LAN RI Muhammad Firdaus. Sedangkan sebagai narasumber pada Visitasi Kepemimpinan Nasional PKN tingkat II LAN yakni Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang, Haerofiatna dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKPSDM Kabupaten Serang, Surtaman.

Kepala Pustadin LAN RI Muhammad Firdaus mengatakan kegiatan visitasi kepemimpinan nasional merupakan bagian dari pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II. Jadi mereka para peserta belajar di kampus seperti biasa dan sekarang mereka diberi kesempatan untuk berkunjung ke suatu lokasi yang memang kita kenal memiliki keterkaitan dengan tema yang terkait dengan digitalisasi. “Jadi mereka ingin mengaplikasikan ilmu keterampilan yang mereka sudah di dapatkan untuk mencoba membantu berkontribusi sedikit,”ujarnya.

“Temanya terkait dengan pemerintahan digital dalam rangka membangun pemerintahan birokrasi berkelas dunia maka dari penelusuran mereka, mereka melihat kalau di Kabupaten Serang ini sudah dapat penghargaan inovasi dalam hal pelayanan digital oleh pemerintah dan mereka melihat ini sebagai lokus yang tepat untuk mereka,”kata Firdaus menambahkan.

Selain di Kabupaten Serang, sebut Firdaus, para peserta terbagi juga melaksanakan visitasi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Jadi untuk di Banten ada dua daerah dengan jumlah peserta 30 orang. ‘Dari 30 peserta di bagi untuk di Kabupaten Serang dan Kota Tangsel jadi setiap daerah 15 orang,”terangnya.(Opk)

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Wabup Serang Ajak Peserta Visitasi PKN LAN Gali Isu dan Berbagi Inovasi

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Bupati Serang: LKBA Tumbuhkan Kembali Gotong Royong yang Sudah Pudar

Pemprov Banten Raih Apresiasi Kemenkes sebagai Provinsi Pertama Capai Target Temuan TBC

Kerjasama dengan IKMBP, Smartfren Community Gelar Workshop CV dan Persiapan Interview

Jelang Pilkada 2024, Pemprov Banten Ajak Media Massa Cegah dan Perangi Hoax

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

Pengunjung
0