Kamis, Juli 18, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Harmonisasi Raperda Serentak: Perancang Peraturan Perundang-Undangan Tanggapi Raperda Tangsel tentang RPPLH

SERANG – Bertempat di Aula Bapas Kelas I Tangerang, Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Banten mengikuti kegiatan Rapat Pembahasan Raperda Kota Tangerang Selatan tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2022-2052.

Rapat yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Banten (Tejo Harwanto), dan selanjutnya dipandu oleh Kepala Bidang Hukum (Septi Erni). Hadir dalam Rapat diantaranya Bagian Hukum Setda Kota Tangsel, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel dan Akademisi dari Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Dalam kesempatan ini, Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, selaku pemrakarsa menyampaikan pimpinan rapat menyampaikan maksud dan tujuan disusunnya Raperda ini adalah adanya perubahan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang mengubah sebagian dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Ditambah, permasalahan yang dihadapi Kota Tangerang Selatan yaitu jumlah penduduk Kota yang semakin bertambah sehingga diperlukan regulasi hukum untuk menghadapi lonjakan penduduk tersebut.

Kemudian, adanya permasalahan lingkungan hidup yang sangat kompleks, hal tersebut bisa dilihat dari Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan yang masih berada di level yang kurang baik.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Banten, yang diwakili oleh Melinda Ayuthia menyampaikan tanggapan terkait Raperda tersebut dalam berbagai dimensi.

Salah satunya, Dimensi Vertikal, dimana disampaikan Melinda, materi muatan yang tercantum dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang RPPLH harus serasi dan selaras dengan RPPLH Pusat dan RPPLH Provinsi, sehingga Rancangan Peraturan Daerah ini berkesinambungan.

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Harmonisasi Raperda Serentak: Perancang Peraturan Perundang-Undangan Tanggapi Raperda Tangsel tentang RPPLH

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Bupati Serang: LKBA Tumbuhkan Kembali Gotong Royong yang Sudah Pudar

Pemprov Banten Raih Apresiasi Kemenkes sebagai Provinsi Pertama Capai Target Temuan TBC

Kerjasama dengan IKMBP, Smartfren Community Gelar Workshop CV dan Persiapan Interview

Jelang Pilkada 2024, Pemprov Banten Ajak Media Massa Cegah dan Perangi Hoax

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

Pengunjung
0