Jumat, Februari 23, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Berikan Bimbingan Teknis Kemudahan Perijinan Usaha, Kadiv Yankumham Paparkan Hal ini 

SERANG – Dalam rangka pemberdayaan usaha mikro dengan dilakukan pendataan, kemitraan, kemudahan perizinan penguatan kelembagaan dan koordinasi dengan pemangku kepentingan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang menyelenggarakan bimbingan teknis kemudahan perijinan usaha yang mengikutsertakan puluhan UMKM di Kota Serang.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Andi Taletting Langi yang turut menjadi narasumber dalam bimbingan teknis kemudahan perijinan usaha ini memaparkan terkait dengan perlindungan merek di Indonesia, Kamis (14/07/2022).

Andi Taletting Langi memaparkan bahwa Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

“Merek ini menjadi hal yang penting dalam berusaha, karena dengan adanya merek akan menjadi identitas dari produk yang didagangkan, menjadi nilai tambah dari produk karena adanya unsur merek yang dikemas dalam bentuk menarik, Merek juga merefleksikan dan mencitrakan reputasi dari suatu produk dan dapat meningkatkan prestise konsumen yang menggunakan produk,” jelasnya

Lalu, mengapakah pelaku UMKM harus mendaftarkan mereknya?

Andi Taletting Langi menjelaskan bahwa Negara memberikan Hak Eksekutif kepada pemilik merek terdaftar untuk dapat menggunakan sendiri merek tersebut, memberikan izin kepada pihak lain untuk mendaftarkan merek, dan melarang pihak lain untuk menggunakan merek.

“Hak ini timbul dari pendaftaran merek dagang dan jasa. Pendaftaran merek didaftar oleh Menteri dalam hal ini Menteri Hukum dan HAM RI melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Berikan Bimbingan Teknis Kemudahan Perijinan Usaha, Kadiv Yankumham Paparkan Hal ini 

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Guna Kenyamanan Masyarakat, Polres Serang Melakukan Berbagai Upaya

Disdukcapil Kabupaten Serang Jemput Bola Perekaman e-KTP 1.722 Pelajar SMA/SMK

Tinjau SMAN 1 Lebak Wangi Kabupaten Serang, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Giatkan Pembangunan SDM

Resmikan Sejumlah RKB dan Sarpras Pendidikan, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Komitmen Tingkatkan Pelayanan

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

0
Pengunjung