Jumat, Februari 23, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Mengenal 3M, Satu dari Panca Program Unggulan Inspektorat Jenderal Kemenkumham di Tahun 2022

SERANG – Seperti tahun sebelumnya, di Tahun 2022 ini, Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM kembali meluncurkan Program Unggulan yang diusung dalam rangka meningkatkan kompetensi dan integritas APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah).

Dan salah satu dari 5 (lima) Program Unggulan Inspektorat Jenderal di Tahun 2022 ini adalah Inspektur Jenderal Kemenkumham “Menyapa, Mengajarkan dan Menyadarkan” atau yang singkat dengan 3M.

Dalam wawancaranya bersama Tim Humas Kemenkumham Banten, Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Razilu, menyebut jika Program 3M adalah program lanjutan yang lebih menukik lagi dan lebih padat isinya daripada program PMKS (Penguatan Mitra Kerja Strategis) terdahulu, yaitu Menyapa, Mengajarkan dan Menyadarkan.

“Pertama, dalam Menyapa, saya inginkan supaya terjadi optimisme dari Insan Pengayoman untuk bisa merealisasikan semua harapan-harapan terbaik di Tahun 2022”, ujarnya.

Kemudian, dalam kaitannya dengan Mengajarkan, Razilu mengkehendaki untuk lebih dalam lagi memberikan motivasi, terkait dengan banyak hal di dalamnya termasuk harus memiliki kepahaman dalam cita-cita tertinggi daripada manusia yaitu ingin hidup bahagia dan mulia dan itu hanya bisa dicapai jika tidak melakukan pelanggaran.

“Ketika tidak melakukan pelanggaran, maka tidak akan ada komplain, tidak akan ada pengaduan dan membangun Zona Integritas dalam keadaan yang sesungguhnya itu bisa terealisasi”, sambung Pria yang juga menjabat sebagai Plt. Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham ini.

Dan terakhir, Menyadarkan. Razilu berujar, dirinya ingin semua insan pengayoman menyadari bahwa kita berada dalam Kementerian yang besar, Kementerian yang punya posisi power dalam berbagai hal. Oleh karena itu harus bersyukur, berbangga dan setia. Serta berkomitmen bersama-sama untuk menjadi Insan Pengayoman Sejati.

Selanjutnya, ketika Tim Humas bertanya apa ukuran keberhasilan dalam pelaksanaan Program 3M ini, secara singkat Razilu menjawab jika berkurangnya pelanggaran yang terjadi, itulah ukuran keberhasilan dalam pelaksanaan Program 3M ini.

“Hanya memang, untuk mengukur Program 3M dalam rentang waktu yang sangat singkat, itu adalah hal yang tidak mudah. Karena ini adalah membangun manusia, bukan membangun sistem. Kalau melakukan perubahan terhadap fasilitas kantor, seketika bisa terlihat hasilnya, tetapi membangun manusia itu sungguh sangat berat, karena yang dikehendaki adalah akan lahirnya insan-insan Pengayoman yang SEJATI”, terang Razilu.

Meski memerlukan proses yang cukup panjang , Razilu optimis jika seluruh jajaran Kemenkumham terus berupaya untuk melakukan hal itu, pada suatu waktu hasilnya akan terlihat, mungkin tidak di Tahun ini, namun di Tahun-Tahun berikutnya akan hadir secara perlahan insan-insan Pengayoman yang bisa membanggakan Kementerian Hukum dan HAM.

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Mengenal 3M, Satu dari Panca Program Unggulan Inspektorat Jenderal Kemenkumham di Tahun 2022

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Guna Kenyamanan Masyarakat, Polres Serang Melakukan Berbagai Upaya

Disdukcapil Kabupaten Serang Jemput Bola Perekaman e-KTP 1.722 Pelajar SMA/SMK

Tinjau SMAN 1 Lebak Wangi Kabupaten Serang, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Giatkan Pembangunan SDM

Resmikan Sejumlah RKB dan Sarpras Pendidikan, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Komitmen Tingkatkan Pelayanan

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

0
Pengunjung