Senin, Oktober 2, 2023
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Perkuat Advokasi Isu Tata kelola Dana Desa, Simpul Madani Serang Gelar Raker

Simpul Madani Serang (SMS) menggelar Rapat Kerja Tahun 2022 di Karawika Hotel, Cisarua Bogor pada 8-9 Januari 2022. Kegiatan ini juga digelar sebagai refleksi satu tahun SMS.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini dihadiri oleh Field Coordinator (FC) USAID MADANI Muslih Amin, Lead Partner PD Áisyiyah Kabupaten Serang, District Support Partner (DSP) PATTIRO Serang Banten dan Learning Forum (LF) Civil Society Organization (CSO) se-Kabupaten Serang.

Raker dengan mengusung tema membangkitkan semangat OMS menuju Kabupaten Serang berkemajuan SMS berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan para pihak dalam membangun Kabupaten Serang lebih baik. SMS memiliki visi terwujudnya masyarakat yang cerdas, mandiri, berkontribusi dalam membangun peradaban di Kabupaten Serang, dengan penjabaran misi memperkuat kapasitas individu dan organisasi masyarakat madani, mengupayakan penguatan jejaring dan advokasi dalam isu Transparansi Dana Desa, Mendorong akuntabilitas pemerintah Daerah dan sektor swasta, dan mewujudkan budaya inklusi (asah, asih, asuh) dalam kehidupan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut berlangsung kegiatan-kegiatan capacity building untuk menstimulasi peningkatan pemahaman kapasitas organisasi melalui pengujian survei Indeks Kinerja Forum (IKF) sebagai permulan, di lanjutkan dengan evaluasi program dan pemantapan aksi tematik setahun kedepan.

Adapun kegiatan yang pernah dilakukan SMS berkolaborasi dengan pemerintah derah adalah penyelenggaraan vaksin dan agenda rutin mingguan adalah Kajian Madani Serang Berkemajuan (Kamisan) yang membahas Isu-isu tematik dan isu aktual yang terjadi disekitaran Kabupaten Serang.

Noval anggota Himpunan Mahasiswa Waringin Kurung menyampaikan rasa senangnya bergabung dengan SMS, “Pertama kali saya bergabung dengan SMS yaitu pada saat survei tata kelola dana desa. Setelah itu saya mencoba mengikuti kegiatan ini dan merasa nyaman dengan orang-orang di dalamnya yang sederhana dan mau merangkul semua kalangan”ungkapnya.

Neng Farida Aktivis Rumah Perlindungan Perempuan dan Anak mengungkapkan hal serupa, ia merasa SMS nuansa kekeluargaannya kental dan hangat, “meski berlatar belakang berbeda-beda namun saya merasa nyaman di sini, saya ingin turut serta membangun kabupaten bersama-sama anggota simpul lainnya.”Ujarnya semangat.

Asep Fahtudin salah satu anggota presidium SMS mengingatkan kembali para anggota bahwa perjalanan simpul adalah sebuah perjuangan, “yang tadinya kelasnya tidak ada, gurunya tidak ada, muridnya tidak ada, karena difasilitasi oleh USAID maka berkumpulah kita semua di forum yang baik ini.” Tambah sekretaris ICMI Banten ini.

Eka Elviani dari PATTIRO Serang mengungkapkan Simpul Madani Serang sudah mulai banyak yang mengenal maka mari kita tingkat ditahun kedua ini, “SMS sudah mulai dikenal di kalangan OPD Kabupaten Serang, maka mari kita tingkatkan ditahun kedua ini dengan aksi nyata, seperti intenskan kembali Kamisan dan program-program lainnya” ungkapnya.

“Di tahun pertama gaung SMS sudah mengudara. Semoga SMS dapat menggarap tidak hanya isu utama tetapi juga isu sekunder lainnya yang bisa kita advokasi bersama-sama.” Tutur Ketua Pimpinan Daerah Áisyiyah Kab. Serang Rohyati. ***

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Perkuat Advokasi Isu Tata kelola Dana Desa, Simpul Madani Serang Gelar Raker

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Hadiri Jambore Ojol ke-3, Pj Gubernur Banten Ajak Jaga Stabilitas Daerah

Pj Gubernur Al Muktabar : Provinsi Banten Terus Kembangkan Ekonomi Syariah

Politeknik PIKSI Input Serang Resmi Miliki Tax Center

Tingkatkan Kinerja Komunikasi, BKPSDM Kota Tangerang Gelar Diklat Pengelolaan Media Sosial

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

0
Pengunjung