Selasa, Juni 25, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Pengajar Dari Untirta Gelar Perpisahan Dengan WBP Rutan Serang 

KOTA SERANG – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah suatu wadah berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat yang diarahkan pada pemberdayaan potensi untuk menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi, dan budaya.

Adapun program yang diselenggarakan pada saat PKBM sangat beragam dan juga tak terbatas, namun harus sesuai dengan kondisi, potensi dan kebutuhan masyarakat di mana PKBM itu berada atau dikatakan yang relevan, serta program-program itu harus bermakna dan bermanfaat.

Program-program tersebut antara lain Pendidikan Kesetaraan (A,B dan C), Pendidikan Keaksaraan, Pendidikan Kewarganegaraan, Kerumahtanggaan, dan lain-lainnya. Hal tersebut menjadi landasan bagi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Serang untuk ikut menyelenggarakan kegiatan PKBM.

Selain memberikan pembinaan bagi Warga Binaan Pemesyarakatan (WBP), PKBM Pendidikan Kesetaraan (A,B dan C) juga dapat membantu WBP yang tidak atau putus sekolah untuk mendapat kesetaraan Pendidikan.

Kegiatan PKBM diselenggarakan oleh Rutan Kelas IIB Serang pada hari Senin, Selasa dan Rabu, di Musolah milik Rutan Kelas IIB Serang dengan tenaga Pengajar dari mahasiswa/i dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang sedang melangsungkan studi Praktek Kegiatan Lapangan (PKL).

Lisa giarti salah satu tenaga pengajar dari Untirta mengatakan jika awalnya dirinya merasa tidak yakin dapat memberikan materi dalam PKBM di Rutan Kelas IIB Serang, mengingat warga yang mengikuti kegiatan PKBM tersebut merupakan para tahanan.

“Pertama dapat tugas praktek PKBM dari kampus agak takut ketika dikasih tahu tempatnya di Rutan Serang,” Kata Lisa, di Ruran Kelas IIB Serang, Selasa (30/11/2021).

“Berjalannya waktu ternyata apa yang difikirkan sangat jauh berbeda, melihat antusias teman-teman WBP mengikuti kegiatan kami jadi bersemangat juga untuk mengajar. Dan ternyata mereka semua baik dan menyenangkan,” tambah Lisa.

Para pengajar di kegiatan PKBM ini telah menyelesaikan tugas PKL di Rutan Kelas IIB Serang. Dengan didampingi oleh dosen dari Untirta, para Mahasiswa/i ini menggelar acara pisah sambut dengan para WBP yang mengikuti Kegiatan PKBM.

Kasubsi Pelayanan dan Tahanan Maulana Kahfi Fikardin meyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa/i Untirta yang telah bersedia mengisi kegiatan PKBM di Rutan Kelas IIB Serang.

“Tentunya ini sangat membantu WBP untuk mendapatkan kesetaraan Pendidikan non formal, jadi WBP tidak hanya menjalani hukuman saja tapi dapat terus melakukan kegiatan belajar mengajar untuk mengejar ketertinggalan mereka di bidang Pendidikan,” Ucap Kahfi.

“Terima kasih kepada dosen serta rekan-rekan pengajar dari Untirta atas kesediaannya mengisi kegiatan PKBM disini, kami dari Rutan Kelas IIB Serang tentunya akan selalu membuka pintu bagi rekan-rekan mahasiswa/i Untirta yang ingin melaksakan PKL PKBM disini,” tandasnya.

Acara pisah sambut pengajar PKBM ini dilangsungkan di Musolah Rutan Kelasa IIB Serang, tempat dimana kegiatan PKBM biasa berlangsung. Dengan pemotongan Tumpeng serta pembagian hadiah bagi WBP yang berprestasi dalam kegiatan PKBM. Kegiatan pisah sambut ini ditutup dengan penyerahan plakat dari Rutan Kelas IIB Serang yang diwakili oleh Kasubsi Yantah Maulana Kahfi Fikardin kepada dosen pembimbing kegiatan PKL PKBM dan dilanjutkan dengan foto Bersama. (Red)

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Pengajar Dari Untirta Gelar Perpisahan Dengan WBP Rutan Serang 

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Mei 2024, Inflasi Provinsi Banten Terkendali di Angka 2,86 Persen

Akses Jalan Tiga Kampung di Desa Sindangsari, Kabupaten Serang Rusak Parah

Relawan PAS Siap Menangkan Andra Soni Menjadi Gubernur Banten

Bupati Serang Sampaikan Dua Macam Raperda

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

Pengunjung
0