Senin, April 22, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

BAZNAZ Banten Adakan Program Masjid Cemerlang


SERANG – Badan Amil Zakat (Baznas) Banten menggelar kegiatan bersih-bersih masjid dan mushola di wilayah Kota Serang dan Kabupaten Serang melalui program Masjid Cemerlang yang dilaksanakan selama 6 (enam) hari dari tanggal 07-12 April 2021.

Program Masjid cemerlang ini dilaksanakan setiap tahun menjelang puasa Ramadhan, program tersebut merupakan upaya Baznas Banten menghadirkan masjid dan mushola yang bersih, nyaman dan tentram saat digunakan ibadah bulan Ramdahan, baik ibadah shalat 5 waktu, terawih dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan.

H. Suhri Utsman selaku Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan menuturkan bahwa berangkat dari keadaan tempat ibadah yaitu masjid dan mushola yang kumuh dan kurang terawat serta keterbatasan tenaga kebersihan (marbot) di masjid dan mushola yang berada di beberapa daerah Kota dan Kabupaten Serang, Baznas Banten hadir dalam kegiatan bersih-bersih masjid dan mushola melalui program ‘Masjid Cemerlang’.

Program Masjid Cemerlang ini upaya Baznas Banten sebagai lembaga sosial pelayan umat mencoba memberikan kesan peduli terhadap kebersihan tempat ibadah umat muslim, agar tidak kumuh dan terawat. Di samping itu juga untuk membangun kesadaran masyarakat betapa pentingnya kebersihan sarana tempat ibadah bagi umat muslim, agar yang melaksanakan ibadah bisa lebih nyaman dan khusyu.

Pelaksana yang diberdayakan untuk bersih-bersih masjid dan mushola tersebut sebayak 50 (lima puluh) orang, masing-masing masjid dan mushola yang diberdayakan sebanyak 5 (lima) orang yang terdiri atas marbot dan dibantu oleh masyarakat yang tergolong tidak mampu (mustahik) di lingkungan masjid dan mushola setempat, pada akhir kegiatan mereka diberikan paket sembako dan santunan serta selama kegiatan mereka menggunakan seragam (kaos) yang diberikan oleh Baznas Banten.

Yang mendapatkan program Masjid Cemerlang di wilayah Kabupaten dan Kota Serang tersebut yaitu 7 (tujuh) Masjid dan 3 (tiga) Mushola, antara lain : Masjid Jami’ An-Nur Kp. Kilasah I Rt. 01/06 Kel. Kilasah Kec. Kasemen Kota Serang. Masjid Jami’ Al-Huda Jl. Link. Bhayangkara Rt. 01/02 Kel. Sumurpecung Kota Serang. Masjid Baiturrohman Link. Karundang Masjid Rt. 02/01 Kel. Karundang Kec. Cipocok Jaya Kota Serang. Masjid Jami’ Baitul Muttaqin Kp. Rancalutung Ds. Sindangsari Kec. Pabuaran Kab. Serang. Masjid Raudhatul Jinan Kp. Palbuhan Bulan Ds. Wanayasa Kec. Kramatwatu Kab. Serang. Masjid Al-Hidayah Kp. Kroya Lama Rt. 06/02 Kel. Kasunyatan Kec. Kasemen. Masjid Baitul Muttaqin Kp. Widadap Kel. Banjarsari Cipocok Kota Serang. Mushola Al-Bidayah Kp. Citanggaogor Rt. 04/01 Ds. Pasanggrahan. Mushola Jam’ul Jamawi Kp. Patanjungan Rt. 19/09 Ds. Sindangheula Kec. Pabuaran Kab. Serang. Mushola Al-Mutaqin Link. Cinagar Rt. 01/05 Kel. Banjarsari Cipocok Kota Serang.

Adapun sarana prasarana yang diterima dan dimanfaatkan oleh masjid dan mushola adalah berupa mukena, saldal, lemari, karpet, cat tembok lengkap dengan koas, roll dan bak catnya, ember, sapu injuk, sapu lidi, tempat sampah, serokan sampah, serokan karet, kemoceng, sikat WC, sikat dorong, keset, lap kanebo, pel, gayung, pengharum ruangan, kamper, sabun pembersih kamar mandi dan penyediaan protokol kesehatan berupa dispenser berikut sabun antiseptik, masker serta penyemprotan desinpektan ke masing-masing masjid/mushola tersebut oleh Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) guna pencegahan terjadinya penyebaran covid-19.

Sementara H. E. Syibli Syarjaya selaku Baznas Banten, berharap program Masjid Cemerlang yaitu dengan kegiatan bersih-bersih masjid dan mushola ini bisa memberikan dampak positif dalam gerakan masyarakat untuk senantiasa rutin melaksanakan bersih-bersih masjid dan mushola setiap saat, gerakan bersih-bersih ini tidak hanya dilaksanakan oleh Baznas Banten saja, namun bisa dilaksanakan oleh masyarakat dan tidak hanya di momentum menjelang bulan Ramadhan saja, tapi bisa dilaksanakan setiap saat oleh masyarakat guna menjaga dan memelihara tempat ibadah agar bersih dan nyaman. (Red)

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on BAZNAZ Banten Adakan Program Masjid Cemerlang

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Serahkan 489 SK PPPK Guru

Kanwil BPN Banten Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan Kejaksaan Tinggi Banten

JANGKAR: Airin-Ade atau Airin-Andra, Kami Siap Mendukung

Mudik Lebaran 2024, Pj Gubernur Al Muktabar: Provinsi Banten Sudah Lakukan Persiapan Maksimal

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

Pengunjung
0