Selasa, April 23, 2024
Berita Terbaru
{"ticker_effect":"slide-v","autoplay":"true","speed":3000,"font_style":"normal"}

Pemkab Serang Minta Dukungan Wujudkan Masyarakat Madani

(dari kiri ke kanan) Ketua PD Aisyiyah Rohyati, Field Coordinator USAID Madani Serang Muslih Amin, Kadis DPMD Rudi Suhartanto, dan Direktur Eksekutif PATTIRO Serang Banten, Bahrul Alam
(dari kiri ke kanan) Ketua PD Aisyiyah Rohyati, Field Coordinator USAID Madani Serang Muslih Amin, Kadis DPMD Rudi Suhartanto, dan Direktur Eksekutif PATTIRO Serang Banten, Bahrul Alam

(Dari kiri ke kanan) – Ketua PD Aisyiyah Rohyati, Field Coordinator USAID Madani Serang Muslih Amin, Kadis DPMD Rudi Suhartanto, dan Direktur Eksekutif PATTIRO Serang Banten, Bahrul Alam

SERANG, tajukbanten.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang meminta dukungan dari semua elemen masyarakat untuk mewujudkan masyarakat Madani. Dukungan terutama dalam menciptakan tata kelola dana desa yang akuntabel.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Rudi Suhartanto, saat menyampaikan paparan pada Diskusi Tata Kelola Dana Desa, di kantor DPMD Kabupaten Serang, Selasa (16/3/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan USAID Madani Kabupaten Serang, beserta Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) Serang Banten , dan PD Aisyiyah Kabupaten Serang.

Menurut Rudy, pengelolaan keuangan yang baik harus dilandasi dengan transparansi (keterbukaan). Dengan transparansi akan terbangun tata kelola pemerintahan yang akuntabel.

“Transparansi merupakan kunci untuk membangun masyarakat madani,” kata Rudi.

Ia menjelaskan, Pemkab Serang sudah semaksimal mungkin untuk mewujudkan masyarakat madani melalui peningkatan tata kelola keuangan desa. Program itu, lanjutnya, membutuhkan dukungan dari semua elemen kolaborasi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) Serang Banten, Bahrul Alam mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk mengawal penggunaan dana desa yang akuntabel dan transparan.

“Dana desa harus digunakan secara transparan,” ujar Bahrul.

Menurutnya, program masyarakat Madani di Kabupaten Serang tidak akan terwujud apabila tata kelola dana desa tidak dikawal secara serius. Untuk itu, lanjut Bahrul, perlu intensif dilakukan pelatihan dan pendampingan pengelolaan dana desa.

Bahrul mengapreasiasi Pemerintah Kabupaten Serang yang dinilainya sangat konsen dalam mewujudkan pembangunan di wilayahnya, khususnya terkait pembangunan desa. Saat ini, lanjutnya, hampir seluruh desa di wilayah Kabupaten Serang sudah terpenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya.

“Ini membuktikan bahwa pemerintah daerah dalam hal ini Bupati beserta jajarannya sangat serius dalam merealisasikan program-program pembangunan sampai ke tingkat desa,” tegasnya.

Secara khusus, Bahrul meminta agar pengawasan terhadap tata kelola dana desa di Kabupaten Serang lebih ditingkatkan, karena berkaitan langsung dengan kehidupan masyarakat desa. Ia yakin apabila dana desa dikelola dan digunakan secara efektif maka akan menjamin kesejahteraan masyarakat. (Eka)

Facebook
Twitter
WhatsApp

Belum Ada Komentar on Pemkab Serang Minta Dukungan Wujudkan Masyarakat Madani

Tinggalkan Komentar

Berita Populer

Perumda Tirta Al Bantani Targetkan Pelayanan Air Minum Standar Aman

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Serahkan 489 SK PPPK Guru

Kanwil BPN Banten Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan Kejaksaan Tinggi Banten

JANGKAR: Airin-Ade atau Airin-Andra, Kami Siap Mendukung

Advertorial

Opini

Statistik Pengunjung

Pengunjung
0